Pages

Monday, December 3, 2018

Konflik Perang Dagang AS-China Mereda Setelah Trump dan Xi Jinping Bertemu di G20 - Tribunnews

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — China dan Amerika sepakat menghentikan sementara perang dagang setelah adanya pertemuan kedua pemimpin negara, Donald Trump dan Presiden Xi Jinping di sela pertemuan G20 di
Buenos Aires, Argentina.

Kesepakatan yang dibuat kedua negara tersebut diantaranya China setuju mengurangi dan menghapus tarif impor untuk kendaraan buatan AS yang masuk ke China.

Di pertemuan G20 yang berlangsung dari 30 November hingga 1 Desember 2018, Donald Trump dan Presiden Xi Jinping juga sepakat untuk menghentikan menaikan tarif baru.

Seperti yang diberitakan Reuters, pada pertemuan kedua pemimpin negara yang berlangsung dua setengah jam itu, Cinasetuju untuk membeli produk pertanian produksi AS.

Baca: Julie Estelle Dikabarkan akan Segera Lanjutkan Karir ke Hollywood

Selain itu, kedua pihak juga sepakat untuk melakukan diskusi lanjutan untuk menyelesaikan masalah yang menjadi perhatian kedua negara termasuk di dalamnya soal perlindungan hak milik intelektual.

Di tengah kesepakan itu, Gedung Putih juga mengatakan tarif 10 persen yang saat ini berlaku pada barang-barang produksi China akan dinaikkan menjadi 25 persen, jika tidak ada kesepakatan selama 90 hari penundaan perang dagang ini.

Baca: RedBus: Orang Indonesia dan India Punya Kemiripan, Sama-sama Senang Pelesiran Naik Bus

"China setuju untuk mengurangi dan menghapus tarif pada mobil yang masuk ke China dari AS. Saat ini tarifnya adalah 40 persen,” twit Donald Trump melalui akun twitter pribadinya.

Meski tidak bisa dipastikan apakah karena peramg dagang yang mulai mereda, perdagangan saham dan komoditas di Cina serta mata uang Yuan mengalami penglonjakan.

Indeks Benchmark Shanghai Composite naik 2,9 persen dan saham blue-chip naik 3,1 persen.

Perdagangan Saham di Hong Kong juga melonjak, dengan indeks Hang Seng menambah menjadi 2,7 persen.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/12/04/konflik-perang-dagang-as-china-mereda-setelah-trump-dan-xi-jinping-bertemu-di-g20https://desimpul.blogspot.com/2018/12/konflik-perang-dagang-as-china-mereda.html

No comments:

Post a Comment