Pages

Saturday, December 8, 2018

PN Medan Tunjuk 9 Hakim Untuk Pemilu 2019 Tangani Perkara Pidana - Tribun Medan

Laporan Wartawan Tribun Medan / Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Persiapan Pesta demokrasi 2019 mendatang turut dipersiapkan oleh lembaga kehakiman khususnya Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Jauh-jauh hari, PN Medan ternyata sudah menunjuk hakim untuk menangani tindak pidana pemilu.

Hal itu disampaikan oleh Humas PN Medan, Jamaluddin MH yang juga bertugas sebagai hakim niaga di pengadilan klas IA Khusus tersebut.

"Untuk Pemilu 2019, Ketua PN telah menunjuk sembilan hakim untuk menangani perkara pidananya, yaitu, Fahren Manurung, Nazar Efriand, Azwardi Idris, Ali Tarigan, Ahmad Sayuti, Morgan Simanjuntak, Somadi, Dominggus Silaban dan hakim Masrul," ucap Jamaluddin, Minggu (9/12/18).

Jamal, sapaan akrabnya mengatakan bahwa penunjukkan ke sembilan hakim tersebut telah dimuat dalam SK yang ditandatangani ketua Pengadilan Negeri Medan saat dipimpin oleh Marsuddin Naiggolan, tepatnya sesaat penyelenggaraan Pilkada Gubernur Sumut 27 Juni 2018.

"Sebenarnya SK-nya dikeluarkan jelang Pilgub kemarin. Jadi untuk pemilu 2019 nanti mereka lah yang menangani perkara pidananya, Dengan 9 hakim artinya ada 3 Majelis hakim yang disiapkan dan tidak boleh ada hakim diluar ke sembilan itu yang ikut menangani perkara," ucap eks Humas Pengadilan Negeri Padang ini.

Sebagai contoh perkara yang akan ditangani, Jamaluddin menyebutkan bahwa Majelis hakim akan menangani tindak pidananya seperti Money Laundry, ujaran kebencian dan lain-lain.

"Contohnya seperti pencucian uang ya, ITEnya, atau ujaran kebencian yang bisa saja terjadi saat kampanye. Tentunya perkara tersebut didaftarkan kemari setelah adanya penyidikan dari Polisi maupun Bawaslu," katanya.

Sebagai hakim Jamaluddin berharap penyelenggaraan pemilihan akbar wakil rakyat tahun 2019 mendatang dilaksanakan dengan cara-cara yang sportif. 

Praktek kecurangan, imbuhnya akan dikenakan sangsi sesuai undang-undang yang berlaku.

"Namanya calon wakil rakyat, tentunya harus santun dan sportif merebut hati rakyat. Jangan sampai berbuat yang tidak sportif sehingga berujung ke Pengadilan," pungkas Jamaludin.

(cr15/tribun-medan.com)

Let's block ads! (Why?)

http://medan.tribunnews.com/2018/12/09/pn-medan-tunjuk-9-hakim-untuk-pemilu-2019-tangani-perkara-pidanahttps://desimpul.blogspot.com/2018/12/pn-medan-tunjuk-9-hakim-untuk-pemilu.html

No comments:

Post a Comment