Pages

Monday, December 3, 2018

Ubah Pola Serapan APBD 2019, DKI Mulai Lelang pada Desember Ini - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan lelang sejumlah proyek pekerjaan untuk tahun anggaran 2019 pada Desember ini. Lelang dipercepat untuk mengubah pola penyerapan anggaran yang biasanya selalu melonjak di ujung tahun.

Anies menyampaikan, proses lelang sudah bisa dilakukan mengingat APBD DKI 2019 sudah disahkan DPRD DKI Jakarta. APBD itu tinggal dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi.

"Karena sudah diputuskan anggarannya, jadi lelang awal dilakukan. Desember ini sebagian lelang 2019 sudah mulai dilakukan. Mudah-mudahan itu akan mempercepat (serapan)," kata Anies di kawasan Cililitan, Jakarta Timur, Senin (3/12/2018).

Baca juga: Anies: Pembayaran di Ujung Tahun Beri Kesan Pekerjaan Tak Jalan

Ia menyampaikan, salah satu proses lelang yang mulai dikerjakan yakni untuk proyek rehab sekolah. Anies ingin semua pekerjaan yang akan dieksekusi pada 2019 dimulai prosesnya sejak Desember ini. Salah satunya penghapusan aset.

Dia mencontohkan, untuk proyek membangun sekolah pada 2019, proses penghapusan aset bangunan lama dimulai tahun ini.

"Misalnya membangun sekolah, maka sekolah yang lama harus dihapuskan dulu (sebagai aset). Itu harus dihapuskan di tahun ini, jangan di tahun berjalan, tahun depan," kata dia.

Anies menyatakan tidak mau kurva penyerapan anggaran terus melonjak di ujung tahun. Mulai 2019, dia ingin penyerapan anggaran disesuaikan dengan pekerjaan yang telah dilakukan.

"2019, kurva penyerapannya akan beda sekali karena semuanya diajukan ke depan," ucap Anies.


Let's block ads! (Why?)

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/04/08320461/ubah-pola-serapan-apbd-2019-dki-mulai-lelang-pada-desember-inihttps://desimpul.blogspot.com/2018/12/ubah-pola-serapan-apbd-2019-dki-mulai.html

No comments:

Post a Comment