Pages

Monday, January 7, 2019

Penjelasan Pengamat Semiotika soal Makna Foto di Kertas Surat Suara Pilpres 2019 - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM - Pakar semiotika, Acep Iwan Saidi, memberikan penjelasan soal foto desain surat suara Pilpres 2019 yang telah disepakati antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tim kampanye.

Hal itu disampaikan Acep Iwan Saidi saat telewicara di program Apa Kabar Indonesia Malam di TV One, pada Minggu (6/1/2019).

 Inilah Makna Foto Jokowi-Maruf Amin yang Dipasang di Kertas Surat Suara Pilpres 2019

"Saya menemukan paling tidak di masing-masing itu adalah tiga tingkatan makna atau tiga tingkatan pesan," kata Acep Iwan Saidi.

"Menurut saya kalau dari sisi foto secara semiotika, maka sebetulnya foto di kedua kartu suara ini biasa-biasa saja," imbuh dia.

Ketua KPU Arief Budiman (tengah) memimpin acara validasi dan approval surat suara Anggota DPR RI dan surat suara Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (4/1/2019). Validasi surat suara dilakukan dengan tanda tangan dari peserta pemilu yang dimana validasi ini merupakan bagian akhir proses validasi surat suara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPU Arief Budiman (tengah) memimpin acara validasi dan approval surat suara Anggota DPR RI dan surat suara Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (4/1/2019). Validasi surat suara dilakukan dengan tanda tangan dari peserta pemilu yang dimana validasi ini merupakan bagian akhir proses validasi surat suara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Jokowi-Ma'ruf Amin

Kemudian, Acep Iwan Saidi menyoroti soal foto desain surat suara pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Acep Iwan Saidi mengatakan dalam foto yang berlatar belakang putih, Jokowi-Ma'ruf Amin sama-sama mengenakan kemeja putih serta peci hitam.

 Usulan Andi Arief untuk Prabowo, Bertanya pada Rakyat Apakah Saya Harus Terus Ikut Pilpres?

"Tentu saja pada tingkatan pertama saya menangkap konotasinya memang bersih, suci dan lain-lain. Dan ini memang sudah dijelaskan juga seingat saya oleh pihak nomor urut pertama."

"Dan ini sangat konvensional pada titik itu, sebuah klise yang melihat putih itu suci dan yang putih itu bersih," lanjut Acep Iwan Saidi.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/01/07/penjelasan-pengamat-semiotika-soal-makna-foto-di-kertas-surat-suara-pilpres-2019https://desimpul.blogspot.com/2019/01/penjelasan-pengamat-semiotika-soal.html

No comments:

Post a Comment