Pages

Wednesday, June 5, 2019

Antre sejak Pukul 05.30, Loket Pelayanan PIN PPDB Diserbu Warga - Jawa Pos

JawaPos.com – Meski sudah masuk libur Lebaran, sejumlah SMAN di Surabaya masih membuka loket pelayanan pengambilan personal identification number (PIN) untuk pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) kemarin (4/6). Antusiasme warga pun begitu tinggi dalam memanfaatkan layanan tersebut. Bahkan, mereka rela antre sejak pukul 05.30.

Total ada empat SMAN yang piket membuka layanan pengambilan PIN kemarin. Yakni, SMAN 9, 12, 10, dan 20 Surabaya. Pantauan Jawa Pos di SMAN 10 Surabaya, hingga sekitar pukul 12.30, antrean pengambilan PIN masih panjang. Bahkan, sebagian besar kursi untuk menunggu panggilan pelayanan masih penuh.

Anisa, warga Wonosari Kidul, Kecamatan Wonokromo, mengatakan antre sejak pukul 08.00 bersama ayahnya. Saat datang, sudah banyak calon peserta didik yang antre ambil PIN. “Saya sudah nomor 100-an. Sekarang masih nunggu dipanggil,” katanya.

Anisa ingin memanfaatkan waktu sebelum Lebaran untuk menyelesaikan pengambilan PIN. Sebab, setelah Lebaran, dikhawatirkan antrean pengambilan PIN semakin banyak. “Senang sih dibuka loket saat libur Lebaran. Biar tenang sebelum Lebaran. Jadi, nanti tinggal memutuskan milih sekolah mana,” ujarnya.

Saat ini Anisa mengaku masih bingung menentukan pilihan sekolah. Sebab, Kecamatan Wonokromo tidak memiliki SMAN. Pilihan SMAN terdekat hanya ada di SMAN 18 Surabaya yang berada di Kecamatan Jambangan. Padahal, jarak rumah ke SMAN 18 lebih dari 4 kilometer. “Kesempatannya sebenarnya tipis. Soalnya, sekolah terdekat rumah saja jaraknya jauh. Dan lingkungan SMAN 18 padat penduduk,” katanya.

Karena itu, ada kegelisahan yang dirasakan Anisa. Dia pun memutuskan untuk mengambil pilihan mendaftar satu SMAN dengan sistem zonasi dan satu SMKN tanpa zonasi. Untuk mengambil PIN PPDB SMKN, dia harus melengkapi syarat surat keterangan sehat dari puskesmas. “Sementara ini saya masih belum tahu SMKN mana yang saya pilih,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PPDB SMAN 10 Surabaya Mukani mengatakan, sekitar pukul 05.30 sudah ada 25 warga yang mengantre untuk ambil PIN di sekolah. Padahal, pelayanan PIN baru dibuka pukul 08.00. “Akhirnya, pukul 07.30 kami sudah mulai melayani karena kasihan yang sudah antre sejak pagi,” katanya.

Hingga pukul 11.00, antrean pun mulai bertambah hingga 125 orang. Panitia PPDB pun membuka lima lapak untuk melayani warga yang mau mengambil PIN. “Peserta yang antre kami sediakan fasilitas tempat duduk di tempat yang sejuk. Jadi, mereka tetap nyaman meski harus menunggu lama karena antre,” ujarnya.

Mukani menuturkan, tidak ada kendala dalam pelayanan pengambilan PIN kemarin. Hanya, dalam me­nen­tu­kan titik lokasi rumah pada peta, dibutuhkan waktu 5-10 menit.

Jadwal Loket Pelayanan PIN PPDB Selama Libur Lebaran

2 Juni : SMAN 1, 2, 8, 11, 15, dan 17 Surabaya

3 Juni : SMAN 7, 13, 18, dan 14 Surabaya

4 Juni : SMAN 9, 10, 12, dan 20 Surabaya

8 Juni : SMAN 3, 4, 16, dan 22 Surabaya

9 Juni : SMAN 5, 6, 19, dan 21 Surabaya

Sumber: Dispendik Jawa Timur

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/jpg-today/05/06/2019/antre-sejak-pukul-05-30-loket-pelayanan-pin-ppdb-diserbu-warga/https://desimpul.blogspot.com/2019/06/antre-sejak-pukul-0530-loket-pelayanan.html

No comments:

Post a Comment