Pages

Saturday, January 5, 2019

7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Penggemar Webtoon & Manga - IDN Times

Saat ini webtoon menjadi bacaan favorit para pencinta komik. Dulu saat ingin membaca sebuah cerita komik, kita harus membeli banyak buku untuk bisa menuntaskan sebuah cerita. Namun seiring berjalannya waktu, banyak inovasi yang dilakukan. Salah satunya dengan membuat komik digital yang kemudian dikenal dengan nama Webtoon.

Saat ini sudah banyak perusahaan digital yang berlomba-lomba membuat platform Webtoon. Seperti 7 aplikasi android berikut ini yang wajib banget dimiliki oleh pecinta Webtoon dan manga.

Terlebih selalu ada webtoon baru yang rilis dan bisa dibaca secara gratis. Kira-kira aplikasi webtoon apa saja? Cari tahu yuk!

1. Spottoon

7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Penggemar Webtoon & Mangaprnewswire.com

Spottoon diciptakan oleh RollingStory, perusahaan digital kreatif yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan. Setelah peluncurannya, Spottoon menandatangani kesepakatan dengan produser Batman untuk mengadaptasi live-action dari beberapa webtoon yang ada di perpustakaan Spottoon.

Spottoon dapat diakses melalui aplikasi android dan iOS. Kalau kamu ingin membaca webtoon di spotton, kamu harus memiliki akun dulu. Selain itu tidak semua chapter dapat dibaca secara gratis, kamu perlu membayar untuk membacanya.

2. Crunchyroll Manga

7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Penggemar Webtoon & Mangascreenrant.com

Bagi yang belum mengetahui apakah Crunchyroll itu, ini adalah sebuah perusahaan asal Amerika yang memiliki bidang usaha live streaming konten digital untuk wilayah Asia Tenggara. Konten yang mereka miliki adalah anime, manga, drama, hiburan digital, dan balapan mobil.

Crunchyroll Manga memiliki manga-manga berlisensi, jadi kalian bisa membaca manga-manga tersebut dengan tenang tanpa harus merasa was-was dengan masalah hak cipta atau pun lisensi penerbitan. Untuk bisa menikmati manga dan anime secara sekaligus, kalian harus berlangganan dulu nih.

Baca Juga: Siap Nonton, Ini 5 Drama Korea 2019 yang Diadaptasi dari Webtoon

3. LINE Webtoon

7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Penggemar Webtoon & Mangadailysocial.id

Mungkin ini adalah aplikasi webtoon yang paling banyak dimiliki oleh pecinta webtoon di Indonesia. Beda dari kedua aplikasi diatas yang mengharuskan kita membayar, kamu bisa membaca webtoon keren di sini secara gratis.

LINE Webtoon merupakan aplikasi besutan LINE yang mengkhususkan dirinya pada komik strip, manga, dan webtoon. Selain itu di LINE Webtoon kalian bisa menikmati komik buatan orang Indonesia yang di post di platform LINE Webtoon.

Karena gratis, jadi yang kalian hanya membutuhkan kuota internet dan waktu untuk menjelajahi setiap judul webtoon yang nangkring di LINE Webtoon.

4. Comica

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Penggemar Webtoon & Mangacomica.com

Jika dibandingkan dengan aplikasi baca komik asal Korea Selatan yang lain, Comica terbilang masih baru. Walaupun masih baru, Comica punya beberapa cerita yang menarik dan tampilan art style yang khas banget manhwa. Comica bisa jadi salah satu teman bagi kalian yang suka membaca.

Namun seperti kebanyakan aplikasi baca komik yang lain, kamu harus membayar untuk bisa membaca keseluruhan cerita di komik ini. Tapi kalau kamu ingin baca secara gratis, jangan khawatir! kamu bisa membaca cerita di comica secara gratis setelah menunggu beberapa hari.

Ya, istilah gampangnya, kalau kamu ingin membaca komik lebih cepat dari jadwal komik tersebut terbit, maka kamu harus membayar. Tapi kalau kamu mau nunggu sampai si author menerbitkan komiknya, maka kamu bisa membacanya secara gratis.

5. Ciayo Comics

7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Penggemar Webtoon & Mangaciayo.com

CIAYO adalah platform virtual sosial pertama di dunia dan merupakan inovasi terbaru dalam media digital besutan Dragon Capital Center, anak perusahaan Dragon Computer & Communications serta pelopor start-up teknologi kreatif di Asia Tenggara.

Jika platform yang lain merupakan kolaborasi antara webtoonist luar dan dalam negeri, maka CIAYO khusus dipersembahkan untuk anak muda kreatif Indonesia. CIAYO dapat diakses melalui situs web mereka ataupun dapat download aplikasnya di Play Store.

6. Comico

7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Penggemar Webtoon & Mangarabbit.co.th

Dirilis pada 2013 yang lalu, Comico merupakan aplikasi komik online yang dibuat oleh Next Human Network (NHN) Entertainment di Jepang. Sama seperti kebanyakan aplikasi webtoon yang lain, Comico memiliki dua jenis konten, yakni global dan lokal.

Konten global adalah konten-konten yang berasal dari negara jaringan Comico. Sementara konten lokal berasal dari para kreator Indonesia. Saat ini sudah ada lebih dari 60 judul komik yang bisa kamu baca. Kalau penasaran, kamu bisa langsung download aplikasinya melalui Play Store.

7. Manga Toon

7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Penggemar Webtoon & Mangafacebook.com/MangaToon_ID

Satu lagi aplikasi webtoon yang wajib kamu punya yakni Manga Toon. Berbeda dengan sebelumnya, aplikasi ini memiliki kapasitas ukuran download yang lebih ringan sehingga tidak banyak menghabiskan ruang penyimpanan. Aplikasi Manga Toon bisa kamu download di Play Store.

Selain bisa membacanya secara online, kamu juga bisa membaca webtoon tanpa kuota internet. Caranya cukup mudah, kamu tinggal download webtoon favoritmu.

Itulah 7 aplikasi android yang wajib dimiliki oleh para penggemar webtoon dan manga. Kalau kamu sudah download yang mana aja nih?

Baca Juga: 7 Aplikasi Mac Gratis yang Wajib Kamu Instal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)

https://www.idntimes.com/tech/trend/suci-wu-1/7-aplikasi-android-webtoon-manga-c1c2https://desimpul.blogspot.com/2019/01/7-aplikasi-android-ini-wajib-dimiliki.html

No comments:

Post a Comment