Pages

Tuesday, January 8, 2019

MSI Optix MAG271CQR, Monitor Gaming Lengkung Ideal - Medcom ID

Jakarta: MSI juga terkenal dengan deretan produk gaming dari segmen monitor lewat Optix Gaming.

Salah satunya yang Medcom.id jajal adalah MSI Optix MAG271CQR. Ya, namanya memang cukup panjang dan sulit dihafal.

Terungkap bahwa seri MAG mengacu kepada monitor yang memiliki fitur pengaturan height, tilt, dan swivel. Layarnya bisa diatur tinggi, sudut kanan kiri maupun menunduk atau menghadap ke atas. Semetara angka 27 mengacu kepada ukurannya yaitu 27 inci.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Proses pemasangannya tidak terlalu rumit. MSI Optix MAG271CQR hadir dengan tiga komponen utama yang harus disatukan. Medcom.id dapat merakitnya dengan tenaga satu orang. Selama ini kami menemukan bahwa kebanyakan monitor hadir dalam dua komponen utama saja.

Artinya, proses pemasangan lebih singkat. Pertama kali menjajalnya, menurut Medcom.id ukurannya sangat ideal. MSI Optix MAG271CQR mengusung layar lengkung ukuran 27 inci. Ukuran ini jauh lebih nyaman ketimbang monitor lengkung Samsung 49 inci yang pernah kami ulas.

Sudut lengkung sebesar 1800R tidak terlalu lebar, tapi sekali lagi sangat pas dan nyaman saat digunakan. Sudut lengkungnya menyajikan sudut pandang lebar 178 derajat. Desain mengusung model framelesssehingga monitor ini terkesan bezel-less.

Di atas kertas, spesifikasi MSI Optix MAG271CQR sangat memenuhi standar monitor gaming. Pertama adalah resolusi WQHD 2560x1440 dengan panel tipe VA yang memiliki refresh ratemaksimal 144Hz saat bermain dan response time1ms.

Panelnya sudah mengadopsil teknologi anti glare, jadi tetap nyaman alias tidak silau saat posisi Anda dan monitor membelakangi arah datangnya cahaya. 
 

 Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
StorageApacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
MouseCorsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
MousepadCorsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
KeyboardCorsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
HeadsetCorsair HS60, Corsair HS70

Medcom.idmenjajalnya untuk memainkan game Assassin's Creed Odyssey di kualitas grafis ultra, refresh rate 144Hz dan response time1ms sangat memanjakan mata. Pergerakan terasa halus dan responsif dengan kualitas grafis yang tajam.

Lebih jauh lagi rupanya MSI Optix MAG271CQR memiliki dukungan AMD FreeSync yang mencegah screen tearingdi refresh rateyang tinggi tersebut. Opsi konfigurasi lainnya bisa diakses lewat dua cara, OSD yang bisa dikontrol lewat joystick di bagian pojok kanan balik layar.

Tidak lupa di bagian belakang terdapat ornamen LED RGB yang didukung fitur Gaming Echo. Fitur ini disebut menampilkan perndar warna sesuai dengan elemen game yang dimainkan, menurut Medcom.id tampilan tersebut kurang terlihat.

Cara lainnya dengan mengunduh softwareMSI Gaming OSD. Namun, saat menggunakan ini Anda harus menghubungkan kabel USB Type-B to Type-A ke PC. Cukup repot karena menambah kabel yang harus terhubung antara PC dan monitor.

Sebetulnya tampilan software Gaming OSD dengan OSD lewat joystick tidak jauh berbeda. Tersedia opsi preset untuk pengaturan secara keseluruhan yaitu Gaming Mode dan Profesional Mode. Pada Gaming Mode opsi pengaturan lebih banyak lagi, mulai dari preset berdasarkan jenis game.

Tersedia juga dukungan Screen Assistance yaitu berupa pointer berupa bidikan untuk game-game seperti First Person Shooter yang memudahkan pemain membidik musuh lebih cepat.

MSI Optix MAG271CQR juga memiliki dukungan tampilan Picture-in-Pciture serta Picture-by-Picture untuk kebutuhan multi tasking. Sementara di I/O Port yang tersedia dua port HDMI 1.4, satu port DisplayPort, dua port USB 2.0, satu port USB Type-B dan satu audiojack untuk headphone.

Di sini Medcom.id menyadari bahwa kekurangannya addalah ketiadaan speakerinternal yang umumnya dijumpai pada monitor saat ini.

Kesimpulan
MSI Optix MAG271CQR menjadi salah satu monitor gamingyang patut dipertimbangkan. Selain sudah hadir dengan layar lengkung, ukuran monitornya juga sangat ideal sehingga nyaman.

Soal performa tidak perlu diragukan lagi. Akurasi warnanya sangat baik dengan refresh rate hingga 144Hz dan response time1ms plus dukungan AMD FreeSync.

Tersedia cukup banyak opsi kustomisasi tampilan dan fitur yang disediakan. Semuanya bisa diakses dengan mudah lewat OSD yang dikontrol menggunakan joystick.

Monitor gamingini absen dari dukungan speakerinternal, yang sebetulnya menjadi salah satu fitur yang umum dijumpai satu paket pada monitor gaming. MSI Optix MAG271CQR sendiri dibanderol Rp6.899.000, masih tergolong terjangkau untuk spesifikasi yang ditawarkannya.


 

MSI Optix MAG271CQR

Plus

  • Ukuran layar dan sudut lengkung yang ideal
  • Kualitas grafis dan performa yang sangat baik
  • Fitur OSD dengan opsi kustomisasi yang lengkap

Minus

  • Tidak tersedia speaker internal

(MMI)

Let's block ads! (Why?)

https://www.medcom.id/teknologi/review/ybDzrBpK-msi-optix-mag271cqr-monitor-gaming-lengkung-idealhttps://desimpul.blogspot.com/2019/01/msi-optix-mag271cqr-monitor-gaming.html

No comments:

Post a Comment