Pages

Sunday, February 3, 2019

Google Hapus Aplikasi Beauty Camera 'Nakal' Pencuri Data Pengguna - Tribun Jogja

Aplikasi Beauty Camera 'Nakal' Curi Foto Pengguna, Pernah Download?

TRIBUNJOGJA.COM - Kabar mengejutkan akhirnya terungkap setelah Trend Micro menemukan 29 aplikasi Beauty Camera tertangkap mencuri foto penggunannya untuk alasan tertentu.

Namun kini pengguna Android bisa bernafas lega setelah Google menghapus ke-29 aplikasi 'nakal' tersebut di Play Store.

Dilansir Tribunjogja.com melalui Androidpolice.com cara kerja aplikais tersebut yaitu setelah terinstal, beberapa aplikasi akan memuat iklan layar penuh untuk konten palsu atau pornografi setiap kali perangkat tidak terkunci.

Beberapa aplikasi akan meneruskan pengguna ke situs phishing untuk mencuri informasi pribadi mereka.

Menurut Trend Micro satu aplikasi yang teridentifikasi 'nakal' yaitu 'AndroidOS_BadCamera.HRX' dan 'com.beauty.camera.project.cloud'.

Baca: Cara Download Data Google Plus Sebelum Google Tutup Google+ 2 April 2019

Ketika pengguna akan mengunggah gambar agar filter diterapkan, aplikasi akan mengunggah gambar ke server pribadi dan mengembalikan pesan kesalahan yang memberitahu pengguna untuk memperbarui aplikasi.

Bahkan aplikasi itu juga memunculkan pop-up video untuk ditonton pengguna agar dapat melanjutkan editing foto secara gratis.

Namun saat pengguna memutar video tersebut aplikasi tidak memainkan apapun.

Meskipun 29 aplikasi telah terhapus, pengguna Android diharapkan berhati-hati dan segera melaporkan jika terdapat keanehan pada aplikasi yang digunakan.(*)

Let's block ads! (Why?)

http://jogja.tribunnews.com/2019/02/04/google-hapus-aplikasi-beauty-camera-nakal-pencuri-data-penggunahttps://desimpul.blogspot.com/2019/02/google-hapus-aplikasi-beauty-camera.html

No comments:

Post a Comment