Pages

Monday, February 4, 2019

Israel Bangun Pembatas Baru di Sekitar Gaza untuk Tangkal Ancaman - detikNews

Gaza City - Israel memulai pembangunan pagar pembatas di sekitar Jalur Gaza yang masih diblokade. Pagar pembatas itu dimaksudkan untuk menangkal ancaman dari Gaza.

"Sepanjang akhir pekan kami mulai membangun pembatas di atas tanah di sepanjang perbatasan Gaza," sebut Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu kepada wartawan seperti dilansir AFP dan Anadolu Agency, Senin (4/2/2019).

Ditegaskan Netanyahu bahwa pagar pembatas itu 'akan mencegah teroris dari Gaza menembus masuk ke wilayah kita di daratan'.


Kementerian Pertahanan Israel dalam pernyataannya menyebut pembangunan pagar pembatas itu telah dimulai pada Kamis (31/1) lalu. Pembatas overground itu akan dibangun di atas pembatas bawah tanah yang juga sedang dalam proses pembangunan.

"Pembatas itu akan mencapai panjang 65 kilometer dan tinggi 6 meter, di sepanjang perbatasan dari Kerem Shalom di bagian selatan (Gaza) dan akan terhubung dengan pembatas laut baru yang sedang dibangun Israel," sebut Kementerian Pertahanan Israel dalam pernyataannya.

Awal tahun ini, Israel mengumumkan bahwa pembangunan pembatas untuk menghentikan penyusupan via laut, telah nyaris selesai. Pembangunan telah dilakukan selama tujuh bulan terakhir.


Menurut Kementerian Pertahanan Israel, pembatas itu merupakan bagian dari pagar cerdas untuk mendeteksi terowongan-terowongan bawah tanah.

"Perbatasan itu secara unik dan secara khusus cocok untuk menghadapi ancaman dari Jalur Gaza dan akan memberikan solusi menyeluruh untuk mencegah ancaman masuk ke Israel," demikian pernyataan pihak kementerian.

Diketahui bahwa militer Israel menewaskan empat militan Hamas dalam konflik di Gaza yang pecah tahun 2014 lalu. Militan-militan Hamas itu berhasil masuk ke wilayah Israel melalui laut. Sejumlah pihak menyebut Netanyahu tidak ingin melihat konflik dengan Hamas yang menguasai Gaza kembali pecah menjelang pemilu Israel yang akan digelar 9 April mendatang.


Namun dalam pernyataannya pada Minggu (3/2) waktu setempat, Netanyahu yang kini juga menjabat Menteri Pertahanan Israel bersumpah bahwa pemilu tidak akan mempengaruhi setiap keputusan keamanan yang diambil pemerintahannya.

"Jika ketenangan tidak dijaga di Gaza, kami akan mengambil keputusan bahkan saat masa pemilu berlangsung dan tidak akan ragu-ragu untuk bertindak," tegasnya.

(nvc/rna)

Let's block ads! (Why?)

https://news.detik.com/internasional/d-4413468/israel-bangun-pembatas-baru-di-sekitar-gaza-untuk-tangkal-ancamanhttps://desimpul.blogspot.com/2019/02/israel-bangun-pembatas-baru-di-sekitar.html

No comments:

Post a Comment