Pages

Friday, March 8, 2019

Baru Satu Partai Serahkan Data Saksi ke Bawaslu Karawang - Pikiran Rakyat

KARAWANG, (PR).- Dari 16 partai peserta Pemilu, baru satu partai yang memberikan data saksi partai ke Badan Pengawas Pemilu Karawang. Padahal, sesuai amanat UU nomor 7 tahun 2017 pelatihan saksi partai harus dilakukan oleh Bawaslu.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Karawang, Kursin Kurniawan, di kantornya, Jumat, 8 Maret 2019. "Baru Partai Garuda yang menyerahkan nama-nama saksinya," kata Kursin.

Sementara, lanjut dia, 15 partai lainnya belum memberikan data saksi partai yang rencananya akan dilatih oleh Bawaslu. “Kami masih menunggu berkas saksi dari partai lain agar pelatihan bisa segera dilaksanakan," ujar Kursin.

Dikatakan, sesuai amanat UU nomor 7 tahun 2017 pada pasal 351 ayat (3) bahwa pelaksanaan pemungutan suara disaksikan oleh saksi peserta pemilu, dan pada pasal 251 ayat (7) menyatakan saksi yang dimaksud harus menyerahkan surat mandat tertulis dari pasangan tim kampanye, peserta partai politik, atau calon anggota DPD kepada KPPS. “Pada pasal 351 ayat (8) saksi sebagaimana dimaksud dilatih oleh Bawaslu,” katanya.

Menurut Kursin, pihaknya sudah memberikan surat permintaan data ke semua partai pada tanggal 14 Februari dan disusul pada tanggal 1 Maret 2019. Namun, hingga saat ini surat itu belum respon positif oleh sebagaian besar pengurus partai.

Dihubungi terpisah, Sekretaris PDIP Karawang, Ace Sudiar mengakui pihaknya masih menyiapkan data saksi partai. Selain itu PDIP Karawang juga mendapat tugas untuk menyiapkan saksi calon presiden dan wakil presiden. 

Sementara itu, Ketua Bapilu Partai Demokrat, Wawan Ismanto menyatakan,  pihaknya masih mengumpulkan data-data saksi untuk diserahkan ke Bawaslu. “Secepatnya akan serahkan data saksi ke Bawaslu. Masih ada data yang harua diperbaiki oleh staf kami,” katanya.

Ketua Bapilu Partai Golkar, Asep Kurniawan menyatakan, partainya masih mencari kader terbaik Golkar yang ideal untuk menjadi saksi. Sebab, Partai Golkar harus selektif dalam menentukan saksi partai tersebut. “Tugas saksi itu cukup berat. Mereka harus mengamankan data perolehan suara," katanya.***

Let's block ads! (Why?)

https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2019/03/08/baru-satu-partai-serahkan-data-saksi-ke-bawaslu-karawanghttps://desimpul.blogspot.com/2019/03/baru-satu-partai-serahkan-data-saksi-ke.html

1 comment:

  1. Permisi...numpang lewat,buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete