Pages

Monday, June 3, 2019

Bulog Tetap Gelar Operasi Pasar Murah saat Lebaran Ekonomi • 3 menit yang lalu - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) mengumumkan akan tetap menggelar Pasar Murah (Pasmur) dan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP) saat perayaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah di seluruh titik di Indonesia.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan hal ini dilakukan guna menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan bagi masyarakat. Di sisi lain, pria yang akrab disapa Buwas itu memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan dari Bulog masih sangat mencukupi.

"Secara keseluruhan, stok produk Bulog dalam kondisi aman dan tidak perlu ada kekhawatiran dari masyarakat," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (3/6).

Buwas merinci saat ini pasokan CBP masih sekitar 2,2 juta ton di seluruh gudang Bulog di Indonesia. Sementara pasokan CBP yang sudah digelontorkan ke masyarakat mencapai 225 ribu ton dengan penyaluran beras per hari sekitar 1.000-2.000 ton beras.

"Harapannya, target OP CBP kami sebesar 15 ribu ton per hari dapat dicapai saat musim panceklik yang diperkirakan akan membuat harga beras meninggi," ujarnya.

Selain menjamin pasokan mencukupi, Bulog mengklaim harga beras yang saat ini diterima masyarakat juga cukup stabil.

Berdasarkan catatan Bulog, harga beras medium berada di kisaran Rp11.494 per kilogram (kg) pada Mei 2019. Sementara per Juni 2019, harga diperkirakan berada di kisaran Rp11.491 per kg.

Sementara untuk Pasmur, Bulog menyatakan ada sejumlah komoditas pangan yang sudah disiapkan bagi masyarakat.

Mulai dari gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, hingga daging beku. Per akhir Mei 2019, Bulog mencatat penyaluran daging beku ke masyarakat telah mencapai 11 ribu ton.

(yul/eks)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190603225235-92-400797/bulog-tetap-gelar-operasi-pasar-murah-saat-lebaranhttps://desimpul.blogspot.com/2019/06/bulog-tetap-gelar-operasi-pasar-murah.html

No comments:

Post a Comment